LEARN ENGLISH

Tidak ada kata terlambat. Itulah kalimat yang menuntun ane untuk tetap belajar. Belajar apapun nggak ada batasan umur. Kini ane udah masuk masa kerja bukan lagi dimasa belajar tetapi tiba-tiba kini ane merasa perlu belajar bahasa inggris. Belajar bahasa inggris diwaktu sekolah ane sia-siakan yang akhirnya ane cuma tau yes no yes no doang. Walaupun begitu, kini ane dapat semangat baru untuk mempelajarinya. Bukan supaya terlihat keren. Ane belajar untuk diberi kemudahan. Kemudahan apa yang ane dapat dari belajar bahasa inggris? Di jaman now, apa coba yang nggak pake bahasa inggris. Udah hampir disemua lini menggunakan bahasa inggris. Banyak produk impor yang masuk ke indonesia pake bahasa inggris. Tutorial-tutorial di blog atau diyoutube udah banyak yang pake bahasa inggris menjamur. Film-film yang bagus kayak hollywood menggunakan bahasa inggris (masa iya kita harus baca subtitle mulu*kan capek brohh*). Komputer dan barang elektronik lainnya pake bahasa inggris. Pokoknya banyak banget yang menggunakan bahasa internasional satu ini. Masak iya ane mau diem begitu aja melihat itu semua. Yes.. I have to learn it.


Ane sebenernya benci sama bahasa inggris. Kenapa? Bahasanya munafik. Ane baca BOOK tapi yang diucapin BUK. Susunan kalimatnya juga kalo dibahasa indonesiakan terkadang tidak berurutan alias berantakan. Ane sampek sebel plus KZL sendiri ketika mempelajarinya. Sampek ane pernah berpikir kenapa waktu dilahiri dulu bukan di negara yang berbahasa inggris sih. STOPPP MENGKHAYAL YON. Kau dikasih otak buat apa? OKEH ane kini tertantang untuk mempelajari bahasa inggris. Kau mau KURSUS bahasa inggris yon? Nggak. Ane mau belajar otodidak. Belajar dari yang pinter. Siapa?Kan ada smartphone *telepon pinter*.


https://2.bp.blogspot.com/-hsm0rQ-AKh8/Wjm1cmpR6eI/AAAAAAAAAa4/SBt4L87VD788UPJqfu3_PebELFKpkaobACLcBGAs/s2190/learn%2Benglish.png


Di smartphone ada yang namanya apliaksi google translate, text-to-speech dan okeh google. Tapi ane nggak pake google translate karena terlalu berat dijaringan minim jadi ane ganti dengan aplikasi Kamusku dnegan mode offline. Kan bahasa inggris baca sama pengucapannya beda ? Nah... Kebetulan dismartphone khususnya android ada yang namanya Text-to-Speed yang bisa membacakan tulisan bahasa inggris. Jadi tulisan bahasa inggris di apliaksi Kamusku ada tombol gambar loudspeaker yang kalo di klik akan otomatis membacakan tulisan yang kita ketik. Dari denger text-to-speech lah ane belajar mengetahui pengucapannya. Setelah itu, untuk mencoba pengucapan bahasa inggris ane udah bener atau enggak. Ane menggunakan okeh google jadi apa yang ane ucapkan akan diubah menjadi teks. Kalo ane ngucapin BUK dan di okeh google tertulis BOOK berartikan pengucapan ane udah bener.Yah kira-kira begitulah cara ane belajar bahasa inggris yang sedang ane jalani.


Walaupun ane tau cara belajar seperti ini masih banyak kekurangan. Tapi ane harus tetap belajar. Ane tau cara belajar kayak begini nggak semantap dan sebagus kursus bahasa inggris sama guru profesional tapi ane akan tunjukin bagaimanapun cara yang yang akan kita tempuh bila dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil. Jadi buat kalian yang lagi belajar, belajar apapun itu yuk sungguh-sungguh untuk menguasainya karena i'm sure the procces doesn't cheated on the result.


Untuk saat ini ane belum buat artikel berbahasa inggris tetapi nanti akan ane coba *itung-itung nambah skill*.Dan buat temen-temen yang mungkin udah bisa bahasa inggris. Bagi ilmunya dong di kolom komentar.Waktu belajar bahasa inggris dulu gimana? Apa aja yang dibutuhkan? Mana tau referensi kalian bisa ngebantu temen-temen yang punya masalah belajar bahasa inggris seperti ane. Thank you!

Posting Komentar

Kalo mau kementar, komentar aja gak usah malu. Tapi kalo bisa yang baik dan sopan supaya enak dibacanya. Yaudah komentar gih (-_~)