Kena Tipu, GREBLEK !

Sebenernya ane males banget ngebahas prihal ane pernah kena tipu. Bahkan ketika temen-temen ane nanya gimana kok bisa kena tipu aja ane males untuk ngejawabnya. Karena menurut ane kena tipu itu adalah masa dimana ane merasa bodoh sebodoh-bodohnya. Malu? Iya ane malu kalo ane dianggap bodoh (karena ane kan sebenernya tolol) makanya ane nggak mau cerita panjang lebar mengenai itu ama temen-temen ane. Tapi sekarang ane mau cerita karena ini pengalaman yang pernah ane alami dan mudah-mudahan bisa jadi pelajaran untuk ane dan yang ngebaca pengalaman ane ini nggak mengalami hal yang sama dengan apa yang ane alami.

Okeh ane bakal ceritain gimana kronologinya kenapa ane sampek kena tipu. Lebih tepatnya ane ketipu pas ngejual motor honda megapro bekas ane.

Ini semua berawal ketika ane dapet invataris motor baru dari perusahaan tempat ane bekerja. Rasanya seneng banget karena akhirnya Greblek (nama motor lama ane) akan digantikan dengan motor baru yang tenaga plus perfomanya masih super duper fit. Greblek emang sudah tidak muda lagi bahkan sering bikin ane tiba-tiba berhenti dijalan. Alhasil greblek udah jadi langganan masuk bengkel. Makanya begitu ane dapet motor baru ane jadi gelinjang kesenengan.

Dilalah ada pengganti greblek yang baru dan ane rasa cukup punya satu motor. Akhirnya ane putuskan untuk menjual greblek. Sebelum dijual supaya pembeli greblek nanti tidak kecewa jadi ane menservicenya agar lebih sehat dari sebelumnya. Ane gantiin tankinya dengan yang baru karena tanki yang lama udah bocor halus dimana-mana dan udah berhasil mengoyak serta mencabik-cabik dompet ane karena harus isi bensin setiap hari. Ane juga gantiin kulit joknya karena yang sobek. Ane juga ganti olinya biar tarikannya makin sippp. Kalo mesin gak ane apa-apain karena menurut ane biar pembelinya nanti yang memperbaiki. Toh masih bisa dibawa jalan, karena yang ane pikirkan saat perbaiki si greblek supaya kerusakannya tidak terlalu kelihatan mencolok saja dan menurut ane berhasil.

Nah ketika ane berkunjung kelokasi kerja (maklum orang lapangan makanya sering kelokasi-lokasi gitu), salah satu temen ane yang baru ane kenal yang ngobrol aja baru sekali dua kali. Setelah dia melihat ane menggunakan motor baru diapun menanyakan greblek. Ane bilang ke dia kalo si greblek mau ane jual. Disitulah dia bilang ke ane kalo dia tertarik untuk membeli greblek. Apalagi harga yang ane tawarkan termasuk murah. Tapi dia minta kesepakatan untuk 2 kali pembayaran dan ane setuju karena dia janji untuk melunasinya setelah gajian. Yang ane pikir itu nggak lama. Yawudalah.

Greblek pun berpindah tangan lengkap beserta surat menyurat si greblek dengan hanya membayar setengah harga. Bodohnya ane terlalu percaya sama tu orang dan nggak mencari tahu prihal mengenai dirinya. Kebusukannya terbongkar setelah ane cerita ketemen ane kalo greblek udah ane jual ama tu orang dengan setengah harga. Kebetulan temen ane itu tau betul prihal orang bawak kabur sigreblek. Ternyata tu orang masterpiece soal utang mengutang. Ditempat dia tinggal aja banyak banget orang yang diutangin. Ditambah lagi ternyata uang yang dibayarkan untuk membeli si greblek juga hasil ngutangan. Lebih naas nya lagi dan membuat ane kehilangan harapan ketika tau kalau teryata dia udah resign dari tempat kerjaannya.

Akhirnya ane pun pasrah bersama orang-orang yang ditinggalin utang. Ane cuma bisa pasrah dan say good bye dengan si greblek melalui udara. Mudah-mudahan tuh orang yang bawak kabur si greblek diberi kesadaran dan dimurahkan rezekinya supaya nggak ada kejadian seperti ini lagi. Dan semoga kejadian ini jadi pelajaran buat manteman agar nantinya tidak cepat percaya sama orang-orang baru.

Perbatasan Aruk Indonesia, Kece Banget!

https://2.bp.blogspot.com/-oe2ov87DzDA/WnAjOhbEk6I/AAAAAAAAAds/Ry4xILkP6BQ0yo1lN9Q2JM2dmWMlgjuygCEwYBhgL/s4160/ARUK%2BINDONESIA.jpg
Baru-baru ini ane bersama team pergi ke Aruk. Sebenarnya Aruk yang ane maksud disini yaitu PLBN (Pos Lintas Batas Negara) yang terletak di Aruk perbatasan Indonesia-Malaysia, Kalimantan Barat. Semenjak pembangunannya diresmikan Pak Presiden Jokowi  di tahun 2017, kini PLBN Aruk Indonesia semakin kece dan lebih berkelas. Yang kalo dibandingkan dengan pos imigran disebrang milik Malaysia kita masih bisa berbangga hati karena pos perbatasan kita lebih kece. Terakhir ane kesini, ada yang lagi dibangun tapi ane gak tau bangun apa, yang mungkin kalo udah selesai bakalan makin kece sekece-kecenya PLBN di Aruk ini. Jadi nggak heran kalo Aruk sering didatangi pengunjung lokal maupun interlokal. Kalo udah datang kesini emang pas banget untuk menyempatkan diri untuk berfoto ria.

Ane dan team juga nggak melewatkan kesempatan untuk berfoto dispot-spot yang menurut kami keren. Yang pengen liat foto-fotonya silahkan, tapi hati-hati entar ngiler dan jadi pengen kesini . HAHAHA... CEKICROTTT...

https://2.bp.blogspot.com/-XXNPCOcC5dk/WnArR64WlAI/AAAAAAAAAew/LWgTT-Z13ysI0kRcld2xBA0f3bM5Kq4jQCEwYBhgL/s4160/BORDER%2BPLBN%2BARUK.jpg

https://2.bp.blogspot.com/--va9ej1o-eo/WnAqIt8B1MI/AAAAAAAAAeY/60vzRjz8xHIzMDI-lA4smMnsI5idSR7NQCEwYBhgL/s3120/BORDER%2BPLBN%2BARUK%2B2.jpg




https://2.bp.blogspot.com/-xwqIalzuZ8Y/WnAqEs9QKuI/AAAAAAAAAeY/0fEuFtknCy8lTR43s_kcHwnRtmaLiiobACEwYBhgL/s3210/3%2BPILAR.jpg

https://2.bp.blogspot.com/-L4qrgmjmykw/WnAxukACAvI/AAAAAAAAAf0/l77L4JLL4T8ETIBHbbjoq53hdD5lvgAsQCEwYBhgL/w2122-h2730-p/WELCOME%2BTO%2BINDONESIA.jpg
 https://2.bp.blogspot.com/-_2w6oOxRRQI/WnAxdxQ1yGI/AAAAAAAAAfk/5GTaRURNObc2bkdFMbsU5cMf5ZvAWGXAQCEwYBhgL/w4160-h3120-p/PLBN%2BARUK.jpg

https://2.bp.blogspot.com/-4lkU75aiOQ4/WnAwIgX9QcI/AAAAAAAAAfU/xJ5Y-r3h28Mx20kkx8130vJ-JZcsKfpJACEwYBhgL/s4160/GARUDA%2BARUK.jpg


Gimana? kece-kece banget kan tempatnya. Pasti kalian pada pengen berswafoto disini juga kan. Kalo pengen datang aja, gratis kok!. Tapi kalo udah datang kesini, ingat! Jangan buang sampah sembarangan dan nginjek-nginjek rumput tamannya. Entar tempat ini nggak cakep lagi kalo kita semua gak ikut merawatnya.

Eh iya, sebenernya ada yang gak kesampaian ketika kami datang kesini. Kami saat itu mau sekalian ke Malaysia tapi karena hanya beberapa orang saja dari kamI yang punya paspor. Kami pun cuma bisa berfoto didepan gerbang Imigran Malaysia, beginilah penampakannya:

https://2.bp.blogspot.com/-Yi3mpj4GDc0/WnAwE7ITfdI/AAAAAAAAAfQ/mAzjmpk3f1kLOP7wfcYnVDUQjbSgIPq5wCEwYBhgL/s4160/IMIGRESEN%2BMALAYSIA.jpg


Okeh cukup sekian dulu cengkunek ane kali ini dan mungkin terkesan cuma mau pamer-pamer foto doang. Memang iya sih ! Iya kalik... Moment bagus begini gak disharing, kan sayang banget kalo cuma disimpan di hardrive dan cuma mata ane aja ngeliat.Iya mungkin aja setelah melihat postingan ane ini kalian juga   pengen kesini. Dan buat kalian yang udah pernah datang ke PLBN Aruk bisa kok kasih pendapatnya dikolom komentar. See you !!!

HARAPAN DI TAHUN 2018 bukan RESOLUSI

https://2.bp.blogspot.com/-74YfJmQe2X0/Wk2BLbn-zrI/AAAAAAAAAbU/yM4QPoYIyl85x16RBkUU_ghHRTg0AzyAgCLcBGAs/s2310/2018.jpg
Goodbye 2017 and welcome year 2018. Sekarang udah memasuki tahun 2018, biar kayak blogger-blogger lainnya yang pada bikin resolusi ditahun 2018. Yups... ane juga nggak mau ketinggalan. Hanya saja ane sedikit lebih nggak keren karena kalo yang lain pada buat resolusi, ane cuma bikin harapan tapi bukan harapan palsu. Tapikan sama aja coy harapan ama resolusi? Beda coy! Resolusi lebih berkelas coy. Beda banget ama harapan yang ane buat, nggak lebih dari kayak anak SD yang kalo ditanya "cita-citanya mau jadi apa?" langsung ngejeplak "mau jadi dokter".

Ane memiliki beberapa harapan ditahun 2018 seperti punya jet pribadi,bisa keliling dunia dan jadi orang yang lebih kaya dari Bill Gates. Tapi karena ane meragukan kalimat "tidak ada yang tidak mungkin", untuk kasus kali ini ane akan bilang "tidak akan mungkin" tanpa menyebutkan "tidak ada"  diawalnya.  Dan karena merasa gak mungkin (kecuali: mukjizat datang) maka ane merombaknya menjadi harapan yang lebih merakyat.  Apa aja itu? *lanjutkan baca aja jangan kebanyakan nanyak*

BERNAFAS


Ya bernafas. Kalian gak salah baca memang benar B-E-R-N-A-F-A-S. Harapan ane di sepanjang tahun 2018 adalah masih diberi kesempatan untuk bernafas. Simpel aja alasannya, kalo ane gak nafas lagi harapan ane berikutnya gak bakalan terwujud. *Just it, Next...*

NAIK GAJI


Sebagai seorang karyawan, naik gaji udah menjadi harapan ane setiap tahun. Alhamdulillah... Setiap pergantian tahun diperusahaan ane bekerja selalu naik gaji dan ane gak mau itu hilang di tahun 2018. Semoga gaji ditahun 2018 ini naiknya lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Kalaupun gak besar ya setidaknya bisa buat beli jet pribadi *harapannya mulai bikin emosi bung, Next...*.

PULKAM


Pulkam atau pulang kampung. Ane bertekad dalam diri dan jiwa dengan kenyakinan penuh bahwasannya ditahun 2018 ini ane harus bisa pulkam. Karena ane udah hampir 3 tahun bekerja dinegri orang dan belum pernah pulkam. Ane begitu bertekad karena ane udah amat begitu sangat kangen sama mamak ane, ayah ane, adik-adik ane, saudara-saudara ane, calon istri ane, temen-temen ane, doyeng, dina, fitri, bena, dani, ayu, wulan, dedi, putra, rizal dan untuk nama-nama yang belum ane sebutkan disini minta ma'af karena ane hanya manusia biasa yang sedang merasa rindu hiks.. (T.T) . *apaan sih kok jadi drama, oke neksss...*

HARGA INDOMIE ama TELOR TURUN


Maklum ane anak kost. Harga indomie ama telor amat sangat mempengaruhi isi kantong. Kalau harga indomie ama telor turun itu berarti kesejahteraan anak kost akan meningkat. Jadi kami persatuan anak kost tidak perlu lagi berorasi meminta untuk diturunkannya harga indomie ama telor. *Hidup anak Kost....*

SINYAL BAGUS


Kelien-kelien yang udah pada nikmati sinyal porji (4G) bahkan udah mau 5G, bersyukurlah. Karena diplosok negri seperti  ditempat ane kerja saat ini susah sinyal. Jangankan 4G ama 3G sinyal untuk nelpon aja kadang putus-putus. Ane berharap ditahun 2018 ada provider yang mau masang towernya dekat tempat ane kerja. Ane kan juga pengen kayak orang-orang yang bisa nonton video yutub dan bigo live *upss*.

Harapan ane ditahun 2018 biasa aja kan ?, Mana mungkin ane bikin harapan-harapan ane yang amat sangat standart dan bahkan kalian pun tak mengharapkannya menjadi sebuah kalimat yang diawali dengan kata resolusi. Bisa-bisa kalo ane pake kata "resolusi" malah dimasukkan kedalam kamus bahasa alay entar. Intinya ane yang manusia biasa ini ingin menjalani hidup secara santai tanpa harus terbebani oleh keinginan-keinginan yang berat. Tapi bukan berarti ane gak punya harapan yang lebih besar dari itu, hanya saja apa salahnya memulai dari yang paling sederhana terlebih dulu.


LEARN ENGLISH

Tidak ada kata terlambat. Itulah kalimat yang menuntun ane untuk tetap belajar. Belajar apapun nggak ada batasan umur. Kini ane udah masuk masa kerja bukan lagi dimasa belajar tetapi tiba-tiba kini ane merasa perlu belajar bahasa inggris. Belajar bahasa inggris diwaktu sekolah ane sia-siakan yang akhirnya ane cuma tau yes no yes no doang. Walaupun begitu, kini ane dapat semangat baru untuk mempelajarinya. Bukan supaya terlihat keren. Ane belajar untuk diberi kemudahan. Kemudahan apa yang ane dapat dari belajar bahasa inggris? Di jaman now, apa coba yang nggak pake bahasa inggris. Udah hampir disemua lini menggunakan bahasa inggris. Banyak produk impor yang masuk ke indonesia pake bahasa inggris. Tutorial-tutorial di blog atau diyoutube udah banyak yang pake bahasa inggris menjamur. Film-film yang bagus kayak hollywood menggunakan bahasa inggris (masa iya kita harus baca subtitle mulu*kan capek brohh*). Komputer dan barang elektronik lainnya pake bahasa inggris. Pokoknya banyak banget yang menggunakan bahasa internasional satu ini. Masak iya ane mau diem begitu aja melihat itu semua. Yes.. I have to learn it.


Ane sebenernya benci sama bahasa inggris. Kenapa? Bahasanya munafik. Ane baca BOOK tapi yang diucapin BUK. Susunan kalimatnya juga kalo dibahasa indonesiakan terkadang tidak berurutan alias berantakan. Ane sampek sebel plus KZL sendiri ketika mempelajarinya. Sampek ane pernah berpikir kenapa waktu dilahiri dulu bukan di negara yang berbahasa inggris sih. STOPPP MENGKHAYAL YON. Kau dikasih otak buat apa? OKEH ane kini tertantang untuk mempelajari bahasa inggris. Kau mau KURSUS bahasa inggris yon? Nggak. Ane mau belajar otodidak. Belajar dari yang pinter. Siapa?Kan ada smartphone *telepon pinter*.


https://2.bp.blogspot.com/-hsm0rQ-AKh8/Wjm1cmpR6eI/AAAAAAAAAa4/SBt4L87VD788UPJqfu3_PebELFKpkaobACLcBGAs/s2190/learn%2Benglish.png


Di smartphone ada yang namanya apliaksi google translate, text-to-speech dan okeh google. Tapi ane nggak pake google translate karena terlalu berat dijaringan minim jadi ane ganti dengan aplikasi Kamusku dnegan mode offline. Kan bahasa inggris baca sama pengucapannya beda ? Nah... Kebetulan dismartphone khususnya android ada yang namanya Text-to-Speed yang bisa membacakan tulisan bahasa inggris. Jadi tulisan bahasa inggris di apliaksi Kamusku ada tombol gambar loudspeaker yang kalo di klik akan otomatis membacakan tulisan yang kita ketik. Dari denger text-to-speech lah ane belajar mengetahui pengucapannya. Setelah itu, untuk mencoba pengucapan bahasa inggris ane udah bener atau enggak. Ane menggunakan okeh google jadi apa yang ane ucapkan akan diubah menjadi teks. Kalo ane ngucapin BUK dan di okeh google tertulis BOOK berartikan pengucapan ane udah bener.Yah kira-kira begitulah cara ane belajar bahasa inggris yang sedang ane jalani.


Walaupun ane tau cara belajar seperti ini masih banyak kekurangan. Tapi ane harus tetap belajar. Ane tau cara belajar kayak begini nggak semantap dan sebagus kursus bahasa inggris sama guru profesional tapi ane akan tunjukin bagaimanapun cara yang yang akan kita tempuh bila dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil. Jadi buat kalian yang lagi belajar, belajar apapun itu yuk sungguh-sungguh untuk menguasainya karena i'm sure the procces doesn't cheated on the result.


Untuk saat ini ane belum buat artikel berbahasa inggris tetapi nanti akan ane coba *itung-itung nambah skill*.Dan buat temen-temen yang mungkin udah bisa bahasa inggris. Bagi ilmunya dong di kolom komentar.Waktu belajar bahasa inggris dulu gimana? Apa aja yang dibutuhkan? Mana tau referensi kalian bisa ngebantu temen-temen yang punya masalah belajar bahasa inggris seperti ane. Thank you!

MO NO TON

https://2.bp.blogspot.com/-VURzQtntUxo/WitA_VPPqCI/AAAAAAAAAaY/V8j0uWPfvfYgf-Jv--Sllrspy4PDDAVeQCLcBGAs/s4600/MONOTON.jpg


Belakangan ini ane ngejalanin rutinitas gitu-gitu aja. Alias monoton. Ane bilang kayak gitu karena ane udah sampai pada titik dimana ane nggak tau mau ngapain lagi. Mulai dari bangun tidur seperti biasa. Dilanjutkan dengan aktivitas kerja yang sama seperti biasa pula. Pulang dari tempat kerja nggak tau mau ngapain lagi. Mau nggak mau maen kerumah temen yang padahal ditempat kerja juga udah ketemu. Maen kerumah temen bukannya ngelakuin aktivitas yang berarti. Bisa dibilang cuma ajang males-malesan bareng . Malamnya telponan karena ane menjalin kisah kasih el-de-er dengan pacar ane yang jauh nun disana dan udah kebayang percakapannya yang itu-itu aja. Kira-kira seperti itulah kehidupan monoton yang selalu ane lalui belakangan ini.

Sore itu ane lagi duduk didepan teras rumah dengan mata mengarah ke langit senja seduh. Tiba-tiba ane kepikiran sama apa aja yang ane lakukan seminggu belakangan ini. Lalu ane buka aplikasi OneNote di smartphone ane. Aplikasi ini ane gunain untuk menuliskan kegiatan-kegiatan ane. Mulai dari pekerjaan sampai momen-momen yang ane kumpulin menjadi satu. Ini ane lakuin sebagai alat bantu memori otak ane yang mungkin suatu saat bakalan membantu ane mengingat hal-hal yang pernah ane lakukan. Jadi ane iseng-iseng baca catatan minggu belakangan. Tetapi apa yang ane dapati diaplikasi tersebut adalah ane nggak menemukan catatan seminggu belakangan. Ini adalah indikator kalo selama seminggu ini ane udah menjadi manusia paling monoton sedunia.

Malam harinya ane ceritakan keresahan itu ke pacar ane lewat telpon. Setelah ane ceritakan, pacar ane pun tiba-tiba bijak dan menceritakan keresahan yang sama yang ternyata juga dialaminya. Dari hasil curhat kami malam itu dapat disimpulkan hidup kami memang monoton. Setelah kami selesai ngebahas kemonotonan hidup. Kami mengalihkan topik ringan yang kebetulan pacar ane lagi nginep dirumah saudaranya dengan tujuan silahtuhramhi dan mencari suasana baru. Dari situ ane sempat kepikiran solusi untuk memecahkan monotonnya hidup ane belakangan ini yaitu dengan cara mencari suasana baru. Ane butuh suasana baru, ane butuh jalan-jalan dan refreshing. Dengan begitu kegiatan ane yang gitu-gitu aja akan mendapat angin segar.

Malam itu juga ane jadi mengkhayal dan berandai-andai. Andai ane jadi seorang traveler adventure pasti hidup ane nggak bakalan boring dan semonoton ini. Lagi asyik mengkhayal. Tiba-tiba kepala ane kejedot dinding. Ane nggak sadar ketika lagi asyik ngayal kepala ane sedikit oleng.Terkejut. Ane pun langsung berpikir realistis dimana ane nggak mungkin jadi seorang traveler adventure karena duit ane nggak sebanyak Alexander Thian yang bisa jalan-jalan kebanyak negara. Otak ane menolak ketika berkata tidak bisa. Kemudian dengan sedikit berasap, otak-otak ane pun berpikir untuk mencari solusi. Rupanya malam itu otak kanan dan otak kiri ane lagi berkoordinasi dengan baik mengkompromikan masalah ane. Otak kiri ane dengan logikanya mengatakan ke otak kanan ane. "Kita masih bisa jalan-jalan kok, cukup bikin schedules dihari libur kita untuk mendatangi tempat yang belum pernah kita datangi. Nggak perlu jauh-jauh ampek keluar negri. Lihat tempat-tempat menarik disekitar kita aja dulu". Otak kanan ane yang tadinya melempem karena sempat berpikir tidak mungkin. Setelah mendengarkan apa yang diucapkan otak kiri ane menjadi riang dan mulai berkhayal lagi. Hafttttt..... Ane ambil alih lagi otak-otak ane karena ane nggak mau otak-otak dikepala ane semakin berasap.

Nggak pakek banyak mikir lagi, yangane butuhkan saat ini cuma suasana baru dan jalan-jalan. Byee.... ane mau jalan-jalan dulu ya gaessss. Dan buat kalian yang merasa hidup kalian monoton juga. Yuk ikutan. Eitsssss... Buat yang baca blog ini dan merasa tulisan ane monoton. Ane saranin "udah buruan sana jalan-jalan keblog lain". Ya udah ane pergi dulu ya brayyyy...byeeeeee...

Tolenrasi itu...

https://2.bp.blogspot.com/-IvUIfffmUog/WhTIHaFmhII/AAAAAAAAAZ8/v6lOrsR7S7k0eeJNrsX_17235gjLnyRAgCLcBGAs/s2300/TOLERANSI%2Bitu.png


Minggu kemarin ane baru saja pergi keluar jalan-jalan berdua bersama teman. Jarak yang kami tempuh sekitar 1 jam dari tempat ane bekerja. Jalan-jalan ini sering dilakukan orang-orang kebun seperti kami untuk melepas kejenuhan dikebun. Tapi ane bukan mau menceritakan jalan-jalannya melainkan hal menarik yang menurut ane itu adalah sebuah toleransi yang HQQ kata kids jaman now.

Pagi minggu itu sebenarnya ane lagi males-malesan ama bantal guling ane. Tapi temen ane nawarin ane untuk ikut jalan-jalan keluar kebun. Dipikir-pikir karena ada yang pengen ane beli jadi ane mau ikut sekalian nge-refresh otak. Okeh, kamipun siap-siap untuk meluncur kelokasi. Siang sekitar jam setengah dua belas kamipun berangkat mengendarai sepeda motor. Diperjalanan kami isi dengan ngobrol ngalor ngidul dan kebetulan temen ane yang satu ini emang orangnya gak bisa diem. Karena asyik ngobrol jauhpun perjalannya jadi tidak terasa sudah hampir sampai.

Karena kami berangkat di jam-jam makan siang jadi kami pun merundingkan tempat makan siang diatas motor. Beginilah kira-kira percakapan ane dengan temen ane (Erwin) yang kebetulan dia beragama kristen :

Erwin : Kau udah makan yon?

Ane : belum. Makan apa kita?

Erwin : Sebetulnya aku kesini pengen makan mie pangsit babi tapi karena sama kau kan nggak mungkin kuajak kau kesitu

Ane : Yaudah gak apa-apa kau makan mie pangsit babi lah, aku nanti makan nasi padang aja

Erwin : Nggak lah, enggak enak makan sendiri-sendiri

Ane : Jadi makan apa kita ?

Erwin : Makan mie ayam di dekat sana udah pernah kau?

Ane : belum pernah

Erwin : Yaudah kesana ajalah kita makan ya

Ane : Okeh

Akhirnya kami makan mie ayam bareng.

Sesimpel itulah ane mengartikan kata toleransi. Temen ane yang beragama kristen yang makan babi tidak diharamkan dia rela nggak makan itu padahal dia pengen banget. Sedangkan ane yang muslim woles dengan tidak melarang dia makan babi dan bahkan mempersilahkannya walaupun nggak makan babi. Yang akhirnya kami makan mie ayam, jalan tengah agar bisa makan barengan.

Bisa kita bayangkan bagaimana indahnya indonesia atau bahkan dunia kalau bisa saling tolenrasi beragama, suku dan ras. Keberagaman diciptakan tuhan bukan untuk saling bermusuh-musuhan dan mencari siapa yang paling benar melainkan agar kita bisa saling toleransi dan menghargai. Suatu kepercayaan itu tidak merugikan dan mencelakakan orang lain menurut ane patut buat kita untuk saling toleransi.

Jadi menurut kalian tolenransi itu...

KAOS SUPREME MERAH

Kali ini ane bukan mau nge riview brand product tapi ane mau berbagi cerita dibalik kaos supreme merah. Sebelum menuju ke ceritanya ane mau kasih liat detail gambar kaos supreme merahnya terlebih dahulu.



https://2.bp.blogspot.com/-ueMxZyLoCS8/Weqb0F76AtI/AAAAAAAAAYc/YrpC9_UCC1kSQi6VASNWRonBU5vnoiQcwCEwYBhgL/s4600/Supreme%2BMerah.jpg

https://2.bp.blogspot.com/-nIplx1y3mHY/Weqcydk6szI/AAAAAAAAAYo/R4X0fuxALyAgiJDUU1RDgGCy3wnlJhwWwCEwYBhgL/s4600/Tag%2BLeher.JPG

https://2.bp.blogspot.com/-u4riv7F14aA/WeqbckqHzPI/AAAAAAAAAYc/598bJk_B9C47_BrmHEQYeLZiP79hSyEngCEwYBhgL/s4600/Tag%2BBody.JPG

Nah seperti itulah penampakannya. Ane sendiri gak tau ini produk supreme ori atau bukan. Disini ane juga gak mau bahas tentang ori atau bukannya tapi cerita dibalik kaos supreme merah ini. Mungkin buat para Hype Beaster brand supreme tidak asing lagi buat mereka. Tapi buat kalian yang mungkin belum tau akan ane jelaskan sedikit tentang supreme yang ane rangkum dari hasil nge-search di Google.

Supreme itu toko penyedia alat-alat skateboard dan brand pakaian yang berlokasi di New York yang didirikan sejak tahun 1994 oleh James Jebbia. Supreme terkenal dengan barang-barang yang tergolong mahal karena jumlah produksinya yang terbatas. Supreme juga dikenal produk yang sering berkolaborasi dengan brand lain seperti Vanz, Thrasher, Louis Vuitton, dan banyak lagi.

Okeh, udah cukup kenalan sama supreme-nya mari kita lanjutkan cerita dibalik kaos supreme merah ane. Jadi gini, kaos ini sebetulnya pemberian temen ane namanya Ruben Dasenna.  Dia orangnya bisa dibilang ngerti brand. Hampir semua yang dipakainya itu barang-barang brand. Mulai dari baju, celana, sepatu sampai sempaknya mungkin brand juga. Jadi ane nyebut dia anaknya brendit banget lah, beda dengan ane yang lebih suka dengan barang custom. Tapi hampir bisa dibilang  dia gak mampu untuk beli barang-barang brand. Loh jadi darimana semua barang brand yang dipakainya? Nyolong, Ngepet atau ngutil ! Tidak teman-teman! Dia biasa mencari barang brand di lelong (penjual barang bekas seperti  baju, celana, sepatu, dll) impor yang tidak jauh dari tempat kerja kami yaitu di perbatasan Kalbar dengan Malaysia. Jadi rata-rata barang lelong disana itu didatangkan dari luar negeri yang ane gak tau dari negara mana aja. Menurut ane bisa dibilang ini barang ilegal karena kata penjualnya nggak melalui Bea Cukai. Nah... Kaos supreme yang dikasih Ruben ke ane termasuk salah satu baju brand temuannya disana.

Awalnya Ruben nggak mau ngasih kaos Supreme merah ini ke ane. Sebelumnya pernah ane mau bayari kaos supreme itu tapi dia bilang "Gilak ini Supreme men! Langka ! Nggak mau aku kau bayari ini". Nggak jarang juga kalo ane maen ke rumahnya sering banget dia mamerin kaos itu dan setiap kali ane minta bayari itu kaos, nggak pernah dia mau ngasihnya "kan KUWAMPRET itu namanya". Nah loh jadi gimana ceritanya itu kaos supreme bisa sama ane?

Itu Semua terjadi akibat  tragedi yang cukup memilukan dimana adanya keputusan perusahaan yang mengharuskan departemen bagian Ruben bekerja dimutasikan kelokasi lain. Keputusan itu ditolak oleh orang-orang di departemennya termasuk Ruben. Merekapun memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan dari pada harus dimutasikan kelokasi lain.

Tepat dihari Kamis, Tanggal 19 Oktober 2017 setelah keputusan itu dibuat. Malamnya kami pun membuat acara perpisahan yaitu ngumpul didepan rumah Ruben sembari bakar-bakar ayam, bebek, ikan lele sumbangan dari mereka yang ngumpul disitu. Sambil gitaran plus nyanyi bareng kami lakukan malam itu. Saat itu entah apa yang ada dipikirannya, tiba-tiba Ruben menepuk pundak ane sambil berkata "Masih mau kah kau kaos supreme ku men?" ane pun menjawab "Mau lah kalo kau kasih". Setelah itu ane ditinggalkannya dan dia masuk kerumahnya. Ane yang lagi asyik ngobrol dengan temen lainnya tiba-tiba ada yang melemparkan sehelai kaos diatas kepala ane yang ternyata itu kaos supreme merah dari Ruben. Nggak pikir panjang langsung ane pakai aja kaos itu double langsung dengan kaos oblong yang ane gunakan malam itu. Disitu Ruben bilang "Karena kita kawanlah makanya aku mau kasih ini ke kau men" dan setelah itu ane hanya membalas kata-katanya dengan senyum cengengesan plus haru juga karena harus berpisah dengan teman-teman seperjuangan dipekerjaan. Setelah itu kamipun melanjutkan acara perpisahan sampai larut malam.

Begitulah kira-kira ceritanya ane bisa dapet kaos supreme merah dari temen ane Ruben Dasenna. Ane anggap pemberiannya ini adalah hadiah perpisahan yang nggak ane bales dengan apa-apa. Ane hanya bisa berdo'a dan berpesan kepadanya "Semoga sukses ditempat lain dan jangan pernah kau lupakan teman-teman lamamu disini". Dari story yang ane tulis diatas, ane udah mirip kayak Kemal Palevi belum? Ya kan Kemal suka ngoleksi barang yang punya story dan history gitu.

Ane sudahi dulu kalimat per kata ane sampai sini manteman. Semoga gak ada manfaatnya (ciyah elah..) dan jangan lupa tinggalkan jejak komentar kalian dibawah. Mungkin kalian punya barang kesayangan yang ada cerita dibaliknya sehingga suka banget sama tu barang atau apalah itu yang penting jangan lupa komentar. Thank you and see you again !

DUKA SUKA TINGGAL DI KEBUN


Sudah dua tahun lebih ane tinggal dikebun, kebun kelapa sawit di Kalimantan Barat. Bukan karena keinginan ane tapi karena tuntutan kerja yang mengharuskan ane tinggal dikebun. Walaupun sebelumnya ane bukan tinggal dikota-kota amat tapi setidaknya tempat asal ane tidak jauh dari fasilitas kekotaan.  Pengalaman inilah yang membuat ane ngerti kalau hidup dikebun ternyata nggak melulu duka tetapi setelah terbiasa tidak sedikit hal-hal suka juga ane alami disini.  Duka dan suka apa aja yang ane alami selama tinggal dikebun mudah-mudahan bisa jadi referensi kalian yang kebetulan dapat tawaran kerja dikebun. Setelah membaca ini nantinya mudah-mudahan tidak kaget ketika tinggal dikebun karena udah ada persiapan. 

Baiklah ane awali dari duka yang ane alami selama tinggal dikebun yang mungkin lebih kearah kurangnya fasilitas, seperti:  

1. Kemana-mana Jauh




Tinggal dikebun mau kemana-mana jauh. Bahkan mau kekampung sebelah aja jauh. Itu karena dataran kebun lebih banyak diisi oleh tanaman daripada perumahan. Jadi kalau mau kekampung sebelah harus melewati berblok-blok kebun terlebih dahulu  apalagi kalau mau kekota terdekat untuk membeli keperluan-keperluan. Aduh... ampun jauhnya. Kota terdekat dari tempat ane tinggal itu kalau ditempuh menggunakan motor dengan kecepatan normal lebih kurang selama 1 jam. Huhhh... Ekstra sabar deh kalau mau tinggal dikebun.

2. Jalan Rusak

https://2.bp.blogspot.com/-jM7w7zoMoF8/WelnB09gSAI/AAAAAAAAAXk/0ms9boA1S-MgtO1o9RqUBXLXzuPVdDz7wCLcBGAs/s4600/Jalan%2BRusak.JPG

Jalanan dikebun kebanyakan belum diaspal. Lubang dijalan ada dimana-mana bahkan jauh dari kata layak. Kalau hujan 'becek' dan kalau kering 'berdebu'. Hmmm.. udah bisa dibanyangin dong susahnya gimana ane diperjalanan. Udah kemana-mana jauh ditambah lagi  jalanan yang rusak. Hadeh... capek brohhhhh.

3. Sinyal Susah
 
Jangankan mau internetan kencang, nelpon aja udah susah.  Bukan berarti dikebun tidak ada sinyal. Hanya saja harus tau tempatnya dimana aja kadar sinyal-sinyal yang bersahabat dan bisa dimanfaatkan untuk menelpon dan internetan seadanya. Bisa dibilang orang yang tinggal dikebun memiliki keahlian mencari tempat sinyal bersemayam seperti dukun yang tau dimana tempat berhantu. Ane sendiri udah hafal banget dimana aja tempat sinyal pada hangout. Kalau dirumah ane sudut kamar diatas lemari, dikantor dapur biasa ane buat kopi, diwarung bang nias  pojokan dekat tiang teras, bahkan ane tau level kekuatan sinyal dirumah temen-temen ane. Biarpun ane tau dimana tempat-tempatnya, tetep aja ribet. Inilah yang membuat ane  Si Kebuners (sebutan untuk orang yang tinggal dikebun) jarang bisa update.

Sejauh ini itulah duka yang ane alami selama menjadi Kebuners. Sedangkan suka yang ane alami ketika tinggal dikebun itu lebih berbau hal-hal yang baru ane temui ketika menjadi Kebuners seperti :

1. Memiliki Standart Kebahagiaan yang Simple
 
Yang ane tau kebahagiaan seseorang itu relatif. Ada orang yang bahagia ketika punya uang banyak, punya gadget high-end, punya pacar cantik, bisa keliling dunia, de-el-el. Itu ane anggap standart kebahagiaan yang sulit dan perlu usaha untuk mendapatkannya. Sedangkan setelah ane tinggal dikebun ane punya kebahagiaan yang simple. Contohnya bisa ke mall, ngeliat indomaret, dapat sinyal  3G apalagi 4G, naek motor diaspal, ngopi item bareng temen, nobar motoGP sambil jerit-jerit dan macem lainnya. Mungkin menurut kalian itu biasa banget  tapi menurut ane itu adalah kebahagiaan yang hakiki dan tidak ada duanya.

2. Boleh Ngutang

https://2.bp.blogspot.com/-01RQcdboTiE/Wel1PYEmYkI/AAAAAAAAAX4/Gh-Z6SrGCuEB3S_Sbg12WSTzXcvSOtGBQCLcBGAs/s4600/Boleh%2BNgutang.JPG
Pic : Bang Nias pemilik warung yang sedang menulis bon utang
 
Mungkin ini cuma ada dikebun tempat ane tinggal dan ane nggak tau dikebun lain. Nama dan wajah yang sudah dikenal pemilik warung adalah kartu kredit dikebun.  Di kebun ke warung nggak perlu bawak duit, yang penting dikenal. Cukup ambil aja belanjaan abis itu tinggal sebutin nama atau scan wajah ke mata penjaga warung, udah kelar deh! Ya tapi nggak gratis saudara-saudara karena setiap gajian tagihan utang sudah menunggu untuk dibayarkan. Itu membuat ane gak kenal tanggal tua muda, apa yang ane pengen bisa utang dulu di warung. Ngutang juga gak sembarang utang. Sistem ngutang dikebun begitu kompleks dimana track record tepat waktu membayar utang adalah rating buat penghutang. Yah... beda tipis sama dunia perutangan diperbankanlah. 

3. All Real Friend




Real friend disini maksudnya temen beneran yang berinteraksi secara langsung. Bukan teman imajinatif seperti teman yang berinteraksi melalui smartphone/social media. Bukan berarti orang yang tidak tinggal dikebun tidak punya real friend. Tetapi berhubung dikebun kurang memungkinkan untuk berinteraksi melalui sosial media dengan mengandalkan sinyal minim jadi mau tidak mau real friend dikebun lebih banyak menggunakan interaksi langsung. Contoh simplenya orang-orang dikebun saling kenal dengan orang dilingkungan sekitarnya kalau dikota bahkan tetangga sebelahnya saja terkadang tidak saling kenal. Jadi asyiknya punya real friend itu mereka nyata. yaaa itu !

Itu aja pengalaman duka suka selama tinggal dikebun dan mungkin tidak selalu sama dengan kebun-kebun lain. Eh iya, kalo ada yang nanya kenapa kenapa judulnya duka suka bukan suka duka itu karena ketika pertama kali ane ke kebun awalnya duka dulu yang ane rasakan setelah terbiasa baru suka yang ane dapat. Nah.. buat manteman yang punya pengalaman tinggal dikebun silahkan tinggal komentar dibawah.

CARA UNTUK KALAH

Pasti udah gak asing lagi dengan kalimat ini "kalah menang itu sudah biasa dalam sebuah pertandingan". Bahkan sudah terlalu menstrem kalo mencari cara untuk menang. Mungkin diantara kalian ada yang selalu menang disetiap pertandingan dan bahkan gak pernah merasakan yang namanya kalah. Dan pada suatu ketika kamu merasa bosan dengan kemenangan-kemenangan yang sudah kamu raih. Dalam hati kamu ingin sekali kalah tapi tidak tau caranya. Tenang gaes... ane punya cara supaya kamu bisa kalah. Cara untuk kalah dari ane itu mudah banget, mudahnya kebangetan malahan. Dan gak usah berlama-lama lagi, langsung aja ceki-ceki brooot..... 

Pertama-tama kita harus tau apa itu KALAH ?
"Kalah adalah suatu predikat atau label yang diberikan kepada seseorang yang gagal bersaing atau bisa diungguli oleh lawannya dalam sebuah pertandingan, perkelahian, perang, pemilihan dan sebagainya". Nah kalo udah paham, selanjutnya dalami prilaku-prilaku orang kalah. Berikut prilaku orang kalah yang sudah melalui uji coba ketat dari ane :

1. Mudah Menyerah 

Orang kalah adalah orang yang mudah menyerah. Jadi prilaku yang satu ini sangat efektif untuk membuat kamu kalah dalam segala hal. Karena orang yang mudah menyerah apabila mendapat suatu rintangan besar atau kecil orang tersebut tidak akan dapat melewatinya bahkan mencobanya pun ogah. Kalo kamu sudah memiliki prilaku mudah menyerah itu sudah lebih dari cukup untuk membuat kamu kalah dalam melakukan apapun.

2. Berlaku Curang
 
Jika kamu ketahuan curang atau melanggar peraturan dalam sebuah pertandingan kamu akan di diskualifikasi dan kalah. Udah gitu mudah banget untuk melakukannya. Cukup tunjukkan kecuranganmu. Jangan ditutup-tutupi dan bila perlu bilang sejujur-jujurnya ke juri atau pengawas lomba kalo kamu melakukan kecurangan. Maka otomatis kamu akan kalah. Mudahkan ?

3. Bangga menjadi Pecundang

Jadilah absurd dengan bangga menjadi pecundang. Bangga menjadi pecundang berarti kamu bangga kalah, bangga curang dan bangga diremehkan. Dengan kebanggaan menjadi pecundang akan membuatmu selalu kalah dan tidak mengharapkan bahkan benci akan kemenangan. 

4. Lemah

Menjadi orang lemah mudah banget untuk dikalahkan oleh lawan-lawannya. Jadi berusahalah untuk menjadi lebih lemah dari lawan-lawanmu. Dengan demikian kamu akan kalah dengan mudah. 

5. Rendah Hati

Loh....Why? Heran toh kenapa prilaku yang baik seperti rendah hati bisa membuat orang kalah ? Ya karena eh karena menjadi orang yang rendah hati akan woles dengan kekalahan. Bahkan akan memberikan kemenangan untuk orang lain dan rela untuk kalah sekalah-kalahnya, ngonoooo.


Nah begitu gaes cara untuk kalah. Mudah toh? Tapi buat kalian yang tidak pernah menang, cara untuk kalah diatas gak usah repot-repot untuk kalian lakukan. Cukup konsisten dengan apa yang telah kamu lakukan sebelum-sebelumnya. Toh udah gak pernah menang kan? Dan buat kamu yang selalu menang dan pengen banget kalah, selamat mencoba !!!

SELAMET ! DATANG KE BLOG LIYONPRIMADANI.COM

Waduh... jadi gak enak nih sama mas selamet yang udah datang ke blog ane yang masih bleketek ini. Wushh... kok cuma mas selamet doang? Hufz... Sebenernya manteman ane mau ucapin selamet datang diblog baru ane yang isinya ide-ide ane yang gak karu-karuan nantinya. Eitz.... jadi dihari ini rabu tanggal 26 Juli 2017 akan ane jadikan hari lahirnya my blog liyonprimadani.com. Ini bukan blog pertama ane tapi akan jadi blog yang bikin ane bilang keorang-orang dan manteman "ini loh blog ku" (rada pamer ya! padahal biasa aja :D )

Hmmm... ane bukan orang yang suka nulis sebenernya. Tapi karena ane suka sama hal-hal yang berbau kreatifitas maka terbentuklah blog ini yang ane bangun dan dekorasi seperti rumah emak ane sendiri. Kok rumah emak ane? Ya karena ane belum punya rumah sendiri :D. Dan buat manteman yang datang kesini anggap aja rumah orang lain ya karena kalo manteman anggap rumah sendiri entar ane manteman usir lagi. Ya... Biarpun begitu, semoga manteman nyaman dan makin sering mampir kesini.

Penghargaan ane buat mas selamet dan buat manteman yang udah mau mampir, makasih loh! Dan ane minta maaf kalo yang ane suguhkan hidangan seadanya. Ane akan lebih-lebih terima kasih lagi. Kalo manteman mau sering-sering kesini karena ane gak mau blog ini jadi berhantu ragara sepi gak pernah man teman kunjungi.

Untuk kedepannya biar manteman mau datang kesini lagi ane kasih tau menu dan hidangan apa aja yang akan ane kasih kalo datang diblog ini :
1. 'Cengkunek' bahasa anak medan yang artinya cerita.
2. 'LanJalan' tentang ane yang blusukan ketempat seru dan berkesan.
3. 'JibAjib' hal-hal yang wow nya pake aja dan banget.
4. 'Tips' cara-cara ampuh ane yang e'majing lah pokoknya.


Gimana manteman? Biasa banget kan! Ya iyalah karena yang buat blog ini jadi istimewah ya karena kedatangan manteman.

Tags: #selamet #blogbaru #manteman